Viral Lelaki Curhat Buah Zakarnya Turun Sebelah

Viral Lelaki Curhat Buah Zakarnya Turun Sebelah

Jakarta– Seorang laki- laki di Bali bernama Arya( 27) memberikan pengalamannya menderita varikokel ataupun varises di testis ataupun buah zakarnya. Lewat akun TikTok pribadinya @aryaagusj, cerita Arya viral lantaran banyak laki- laki yang nyatanya pula merasakan indikasi yang dirinya natural.

Arya berkata kalau indikasi yang dia rasakan merupakan perih yang lenyap mencuat pada bagian testis. Tidak hanya itu, dirinya pula mengalami pergantian raga di mana ada urat yang nampak pada testisnya serta buah zakarnya turun sebelah.

“Rasa sakitnya itu nyeri di bagian sebelah kiri, kayak satu detik dua detik terus hilang. Kalau gejalanya yang timbul itu sebenarnya kayak nggak ngerasain banget gitu lho gejalanya, kadang-kadang kita nggak sadar kalau kita itu sakit varikokel,” ungkap Arya kepada gibahin.id, Sabtu (4/11/2023).

“Tapi dari perubahan fisiknya, jadi itu semacam ada semacam varises, kayak urat pembuluh darah yang tampak banget gitu, dia ada di buah zakar. Buah zakar itu kan ada dua, yang di sebelah kiri itu dia kayak turun tapi dia kayak turun banget,” sambungnya lagi.

Mengalami buah zakarnya yang sangat turun sebelah, Arya telah curiga jika ada permasalahan pada organ intimnya tersebut. Awal mulanya, dia pernah mengira kalau dirinya menderita hernia.

Tetapi, ia mencari ketahui lebih lanjut tentang gejalanya di internet serta media sosial serta nyatanya indikasi yang dirasakannya lebih mirip dengan indikasi varikokel.

“Tapi sejak saya cari-cari tahu lagi, kayak di konten-konten TikTok yang sejenis, di sana tuh dibilangnya varikokel. Saya juga coba googling-googling, ih kok mirip gejalanya. Emang ketika dipegang itu kayak ada semacam urat, pembuluh darah, yang kalau dipegang itu nyata banget, terasa banget dia,” jelas Arya.

Arya mengaku bahwa ia telah mengalami gejala varikokel sejak dirinya masih kuliah di tahun 2014. Namun saat itu, dirinya takut dan menganggap tidak punya waktu untuk memeriksakan diri ke dokter.

“Sebenarnya saya udah merasakan gejala ini dari saya kuliah, 2014. Cuman takut, dulu karena masih kuliah, kayak nggak ada waktu untuk periksa,” katanya.

Sebab merasa tidak aman dengan keadaan testis yang turun sebelah serta varises pada testis yang makin memanjang serta membengkak, kesimpulannya Arya memutuskan buat periksakan kondisinya bulan Agustus kemudian.

Dirinya ke puskesmas serta dirujuk ke rumah sakit. Di situ, Arya ditunjukan ke poli urologi serta melaksanakan USG. Hasil USG menampilkan kalau dirinya menderita varikokel grade 3 pada testis sebelah kiri serta grade 2 pada testis sebelah kanan. Dokter memutuskan buat mengoperasi varikokel pada testis bagian kiri Arya.

“Kebetulan saya di grade 3 yang sebelah kiri. Yang sebelah kanan itu grade 2. Yang diputuskan untuk dioperasi sama dokternya hanya yang kiri saja. Karena kalau udah grade 3 ke atas itu satu-satunya untuk sembuh itu ya dioperasi,” sebutnya.

Dirinya menempuh pembedahan pada bulan September kemudian. Pasca pembedahan, dirinya mengaku kalau urat- urat yang mencuat pada testisnya telah menghilang serta saat ini dia telah dapat melaksanakan kegiatan wajar.

Dilansir dari Mayo Clinic, varikokel merupakan pembesaran pembuluh darah vena di dalam kantong kulit yang menahan testis. Varikokel cuma terjalin di skrotum serta sangat mirip dengan varises yang bisa terjalin di kaki. Keadaan ini dapat menyebabkan penyusutan penciptaan serta mutu mani.

Varikokel dapat diakibatkan oleh katup yang rusak di pembuluh darah di dalam skrotum, pas di atas testis. Wajarnya, katup ini mengendalikan aliran darah ke serta dari testis. Kala aliran wajar tidak terjalin, darah hendak mundur, setelah itu menimbulkan pembuluh darah melebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *