Jose Mourinho dan 'Hobi' Mendebutkan Anak-anak Primavera Roma

Jakarta – Salah satu cara Jose Mourinho menyiasati skuad AS Roma yang tipis adalah menurunkan pemain muda. Sudah 13 pemain dari primavera yang debut di tim utama Roma di era Mourinho.
Sejak melatih Roma pada 2021, Mourinho sudah mendebutkan 13 pemain primavera di tim utama. Pria asal Portugal itu pun tercatat sebagai pelatih yang paling banyak melibatkan pemain primavera di tim utama Roma dalam 10 tahun terakhir.

Yang terbaru, Mourinho memberikan kesempatan debut kepada Mattia Mannini saat Roma menghadapi Sheriff Tiraspol di Liga Europa. Gelandang berusia 17 tahun itu dimasukkan pada menit-menit akhir pertandingan.

Dalam pertandingan tersebut, pemain primavera lainnya Niccolo Pisilli juga mencuri perhatian. Meski itu bukan laga debutnya, Pisilli –yang juga baru berusia 17 tahun– mencetak gol pertamanya untuk tim senior Roma.

Pisilli juga menjalani debut di tim senior Roma pada tahun 2023. Ia diturunkan dalam pertandingan melawan Inter Milan di Liga Italia pada Mei lalu.

Sepanjang tahun 2023, Mourinho sudah memberi kesempatan debut di tim utama kepada enam pemain primavera. Mantan pelatih Inter dan Real Madrid itu menyoroti pentingnya mengintegrasikan pemain akademi ke tim utama.

“Masalah dari banyak klub top adalah mereka tidak memberi pemain home-grown mereka kesempatan untuk berkembang,” ucap Mourinho beberapa waktu lalu soal memberi kesempatan ke pemain didikan akademi klub.

“Orang-orang sekarang bilang sepakbola tidak berkelanjutan untuk 90% klub, tapi itu jadi berkelanjutan jika Anda memberikan kesempatan ke pemain primavera.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *