Negara yang Rasakan Libur Nasional Saat Imlek Selain Indonesia

Gibahin.id – Tahun Baru Imlek 2024 atau 2575 Kongzili jatuh pada Sabtu (10/2/2024) mendatang. Banyak juga yang menyebut Imlek dengan Chinese New Year atau Lunar New Year.
Namun, siapa sangka keduanya adalah dua hal yang berbeda. Chinese New Year berhubungan dengan perayaan tradisi dan budaya Tionghoa.

Sedangkan Lunar New Year berhubungan dengan festival musim semi yang dirayakan menurut kalender lunisolar dan umumnya jatuh antara tanggal 21 Januari-20 Februari setiap tahunnya. Ensiklopedia Britannica menjelaskan kalender lunar didasarkan pada siklus bulan.

Sehingga hari liburnya berbeda dari tahun ke tahun. Sekitar 10 hari sebelum Imlek, rumah akan dibersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan nasib buruk.

Lalu, pada malam tahun baru dan hari Imlek diperuntukkan bagi perayaan bersama keluarga. Termasuk upacara keagamaan untuk menghormati leluhur.

Tahun Baru Imlek menjadi hari libur nasional di China dan berlangsung selama beberapa hari. Tapi bukan hanya di negeri Tirai Bambu saja, berbagai negara yang merayakannya juga menetapkan Imlek sebagai libur nasional, ini daftarnya.

Negara yang Libur Saat Imlek
Mengutip laman Statista, Asia Tenggara adalah wilayah yang sebagian besar negara menetapkan hari libur nasional pada saat Imlek. Seperti Singapura, Indonesia dan Malaysia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Imlek juga dijadikan hari libur khusus di Filipina, Korea Selatan, dan juga Vietnam. Meski begitu, perayaan atau kebiasaannya cenderung terbentuk karena budaya nasional.

Tidak hanya Asia, di Amerika Selatan tepatnya Suriname juga menetapkan Imlek sebagai hari libur nasional. Karena tujuh persen atau sekitar 618 ribu penduduknya adalah keturunan Tionghoa.

Selanjutnya ada negara kepulauan Mauritius di Samudera Hindia yang juga merayakan Tahun Baru Imlek. Salah satu alasannya karena pada abad ke-19 pulau ini merupakan tujuan migrasi populer bagi orang Tionghoa di Provinsi Guangdong dan kini setidaknya ada 1,3 juta penduduk Tionghoa di sana.

Terakhir ada New York, Amerika Serikat. Mengutip NBC News, sejak tahun 2023 lalu negara bagian New York mengeluarkan undang-undang untuk mengakui hadirnya komunitas Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik di New York.

Gubernur Kathy Hochul akhirnya memberikan hari libur khusus pada tahun baru Imlek untuk semua sekolah negeri yang ada di New York. Melalui peraturan ini, anak-anak diharapkan bisa mempelajari dan merayakan budaya sesuai tradisi keluarga mereka. Jadi, bila ingin dirangkum berbagai negara yang libur saat perayaan Imlek yaitu:

  1. China
  2. Taiwan
  3. Hong Kong
  4. Macau
  5. Brunei Darussalam
  6. Malaysia
  7. Timor Leste
  8. Indonesia
  9. Singapura
  10. Thailand
  11. Korea Selatan
  12. Vietnam
  13. Filipina
  14. Suriname
  15. Kepulauan Mauritius
  16. New York-Amerika Serikat (khusus pelajar)

Memang Imlek bukanlah hari libur umum di seluruh dunia. Namun, untuk menjadi catatan berbagai tempat usaha mungkin akan ditutup lebih awal. Karena berbagai negara seperti Australia, Kanada, Inggris, atau Amerika Serikat kerap mengadakan parade festival pada perayaan Imlek menurut laman Time and Date.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *