Baku Tembak antara Aparat dengan OPM Saat Hendak Serang Polsek-Koramil di Intan Jaya

Gibahin.id – Anggota Organisasi Papua Merdeka (OMP) di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, hendak melakukan penyerangan terhadap kantor polsek dan koramil. Niat anggota OPM tersebut digagalkan aparat TNI-Polri hingga terjadi kontak tembak.
“Sekitar pukul 14.15 WIT, personel memperoleh informasi dari jaringan di lapangan bahwa OPM akan lakukan penyerangan terhadap Polsek dan Koramil,” kata Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno dalam keterangannya, Sabtu (11/5/2024).

Peristiwa itu terjadi di Kampung Pogapa, Distrik Homeyo, Intan Jaya pada Jumat (10/5) sekitar pukul 14.25 WIT. Aparat awalnya melakukan pemantauan setelah menerima laporan terkait niat anggota OPM tersebut.

“Satgas Nanggala dan Satgas Belukar Ops Damai Cartenz telah melakukan pemantauan dan memonitor beberapa anggota KKB yang sedang bersiap-siap untuk menyerang Polsek dan Koramil,” imbuhnya.

Bayu mengatakan aparat keamanan kemudian melakukan penembakan ke arah OPM dan dibalas oleh OPM. Baku tembak itu berlangsung hingga pukul 15.25 WIT.

“Kontak senjata tersebut berlangsung hingga pukul 15.25 WIT, di mana sudah tidak terdengar lagi bunyi letusan senjata baik dari pihak TNI-Polri maupun KKB,” bebernya.

Bayu memastikan tidak ada korban dari pihak aparat keamanan dalam insiden tersebut. Meski demikian, aparat TNI-Polri masih berjaga di sekitar lokasi.

“Saat ini, seluruh jajaran aparat keamanan baik TNI-Polri masih berada dalam kesiagaan satu, terus memantau setiap pergerakan KKB,” tutup Bayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *