Makin Meresahkan Tukang Ojek Asal Jember Tewas Ditembak OPM di Puncak Jaya

Gibahin.id – Tukang ojek bernama Zainul di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, tewas ditembak anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM). Zainul meninggal dengan luka tembak di kepala.
Penembakan itu terjadi di Kampung Usir, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Kamis (30/5). Polisi mengatakan bahwa selain bekerja sebagai tukang ojek, korban juga kerap meminjamkan uang di Distrik Mulia.

“Yang bersangkutan itu kerja serabutan kadang meminjamkan uang, kadang ngojek,” kata Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara kepada gibahin.id , Sabtu (1/6).

Menurut Kuswara, korban sejak menuju sebuah kios untuk menagih uangnya pada hari kejadian. Namun nahas, dia menjadi sasaran penembakan.

“Menurut informasi yang kita dalami ini, dia sedang meminjamkan uang. Kemungkinan, pada saat insiden itu yang bersangkutan lagi menagih ke tempat yang meminjam uang ini. Tahu-tahunya terjadilah penembakan itu,” kata Kuswara.

Menurut Kuswara, tak ada saksi mata yang melihat langsung penembakan itu. Sementara jasad korban pertama kali ditemukan oleh pemilik kios.

“Yang ada hanya saksi pemilik kios itu, kan pada saat itu sedang tutup kios itu. Terdengarlah tembakan, lalu pemilik kios ini keluar, terlihatlah Zainul ini tergeletak bersimbah darah dan langsung dievakuasi ke RS,” katanya.

Dugaan Pelaku OPM

Kuswara menekankan pihaknya masih melakukan pendalaman lebih lanjut. Namun sejauh ini muncul dugaan pelaku penembakan merupakan anggota OPM Bumi Walo dan Rambo.

“Sampai saat ini kami dalami, kami belum bisa memastikan siapa pelakunya. Arahnya ke KKB, OTK. Kemarin kami dikasih atau diberikan informasi dari Satgas Damai Cartenz bahwa ada percakapan katanya dari Saudara terduga Bumi Walo dan Rambo,” bebernya.

Kuswara meyakini korban tidak mungkin meminjamkan uang ke anggota OPM. Korban hanya meminjamkan uang ke warga biasa.

“Kalau itu (meminjamkan uang ke OPM) kemungkinan tidak ada. Mungkin ke orang lain, tapi orang itu, di Mulia ini kan kecil. Mungkin terdengar dari suara ke suara,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *