Inggris Vs Swiss: Menang Adu Penalti, Tiga Singa ke Semifinal Euro 2024

Dusseldorf – Inggris berhasil melaju ke Semifinal Euro 2024. Ini setelah Tim Tiga Siga menyingkirkan Swiss lewat babak tos-tosan.
Pada laga perempatinal di Dusseldorf Arena, Sabtu (6/7/2024) malam WIB, kedua tim baru bisa mencetak gol di 15 menit akhir laga.

Swiss unggul duluan lewat Breel Embolo, sebelum disamakan Bukayo Saka. Inggris lolos lewat kemenangan 5-3 di adu penalti dan melaju ke semifinal di Borussia Dortmund Stadium, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Jalannya laga Inggris Vs Swiss

Sejak kickoff, Inggris dan Swiss coba mengambil inisiatif serangan tapi tidak ada peluang bersih tercipta untuk kedua tim.

Inggris yang mengubah formasi menjadi 3-5-2 banyak mengancam dari sisi kanan yang ditempati Bukayo Saka sebagai wing-back. Kobie Mainoo dijadikan senjata untuk bikin gol dari lini tengah.

Swiss yang berpusat pada Granit Xhaka merepotkan Inggris di 15 menit awal pertandingan, sebelum Inggris gantian mengancam pertahanan mereka.

Inggris benar-benar kesulitan untuk bisa mengancam gawang Yann Sommer, karena peluang demi peluang yang didapat banyak mentah di barisan pertahanan.

Satu peluang terbaik Inggris pada menit ke-45 saat Mainoo mendapat ruang tembak, namun bola sepakannya bisa diadang Xhaka.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 bertahan.

Masuk di babak kedua, pertandingan masih berjalan dengan tempo datar. Swiss mendapat peluang tepat sasaran pertama dari Embolo pada menit ke-51 ketika bola sepakannya diadang Jordan Pickford.

Setelah itu praktis tidak ada peluang berbahaya dari kedua tim sampai kebuntuan pecah pada menit ke-75. Adalah Embolo yang menjebol jala Pickford dari jarak dekat meneruskan umpan tarik Dan Ndoye.

Keunggulan Swiss tak bertahan lama karena lima menit kemudian, Inggris menyamakan skor 1-1. Saka melakukan cut-in dari sisi kanan dan melepaskan sepakan kaki kiri di tepi kotak penalti. Bola melengkung ke pojok kanan dan sempat membentur tiang, sebelum masuk ke gawang.

Tak ada gol lagi tercipta sehingga Inggris vs Swiss berlanjut ke babak extra time 2×15 menit.

Inggris langsung menekan di babak pertama extra time. Rice melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke tiang kiri tapi bisa ditepis Sommer pada menit ke-95.

Begitu juga dengan peluang Bellingham lewat sepakan kaki kiri depan kotak penalti yang tepat di tangkapan Sommer.

Pemain pengganti Swiss Xherdan Shaqiri hampir membobol gawang Inggris pada menit ke-116. Shaqiri mengambil sepak pojok yang langsung diarahkan ke pojok atas gawang, tapi Pickford bisa menepisnya.

Swiss menekan di sisa babak kedua extra time saat Pickford menepis sepakan Zeki Amdouni pada menit ke-119. Lalu, Silvan Widmer yang menyambut umpan silang di tiang jauh tapi bola melayang.

Pertandingan harus dituntaskan lewat adu penalti. Penendang pertama Inggris Cole Palmer sukses menunaikan tugasnya, sementara Manuel Akanji gagal karena bola dibendung Pickford.

Inggris akhirnya menang adu penalti 5-3 setelah penalti Trent Alexander-Arnold mengecoh Sommer. Inggris menunggu Turki atau Belanda sebagai lawan di semifinal tengah pekan depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *