Jokowi Beri Selamat ke Presiden Terpilih Iran, Ajak Jaga Perdamaian Dunia

Gibahin.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan selamat kepada Masoud Pezeshkian atas kemenangannya di Pilpres Iran. Pezeshkian telah terpilih sebagai Presiden ke-9 Iran.
“Selamat atas terpilihnya Masoud Pezeshkian sebagai Presiden ke-9 Republik Islam Iran,” tulis Jokowi dalam akun X miliknya, Selasa (9/7/2024).

Jokowi optimis hubungan bilateral Indonesia dan Iran akan semakin erat di bawah kepemimpinan Pezeshkian. Dia pun mengajak Presiden terpilih Iran untuk sama-sama menjaga perdamaian dunia.

“Saya yakin di bawah kepemimpinan Presiden Pezeshkian, kerja sama Indonesia-Iran , termasuk di bidang kesehatan akan semakin maju dan Iran dapat meningkatkan kontribusinya bagi perdamaian dunia,” tulis Jokowi.

Masoud Pezeshkian memenangkan Pilpres Iran usai unggul saat melawan capres ultrakonservatif, Saeed Jalili dalam pilpres putara kedua yang digelar pada Jumat (5/7) waktu setempat. Penghitungan suara telah selesai dilakukan pada Sabtu (6/7), setelah pemungutan suara digelar sehari sebelumnya.

Hasil penghitungan itu menunjukkan bahwa dari total 30.530.157 suara yang telah dihitung, Pezeshkian memperoleh lebih dari 16 juta suara (tepatnya 16.384.403 suara), sedangkan Jalili meraup lebih dari 13 juta suara (13.538.179 suara).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *