Militer Israel Gempur Kamp Pengungsi Khan Younis di Gaza, 71 Orang Tewas

Gibahin.id –  Serangan udara Israel menggempur tenda pengungsian di Khan Younis, Gaza. Serangan itu menewaskan 71 warga Palestina.
Dilansir Reuters, Sabtu (13/7/2024), dalam serangan itu, Israel menargetkan komandan militer Hamas Mohammed Deif. Militer Israel mengatakan mereka juga menargetkan komandan Brigade Khan Younis, Rafa Salama. Israel menyebut Deif dan Rafa sebagai dalang dalam serangan 7 Oktober lalu.

Deif telah berkali-kali lolos dari upaya pembunuhan hingga menduduki puncak daftar yang paling dicari Israel. Sosok Deif juga dianggap bertanggung jawab atas kematian puluhan warga Israel dalam peristiwa bom bunuh diri.

Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan sedikitnya 71 warga Palestina tewas dalam serangan itu dan 289 lainnya luka-luka. Jumlah korban jiwa itu paling banyak dalam beberapa minggu terakhir.

Al-Mawasi adalah daerah yang ditunjuk sebagai daerah kemanusiaan di mana militer Israel telah berulang kali mendesak warga Palestina pergi ke sana.

Militer Israel turut merilis foto udara, meski belum bisa diverifikasi oleh Reuters, foto itu bertuliskan ‘teroris bersembunyi di antara warga sipil’.

‘Lokasi penyerangan adalah area terbuka yang dikelilingi pepohonan, beberapa bangunan, dan gudang,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat militer mengatakan kepada wartawan bahwa Deif berada di sebuah kompleks operasional Hamas serta dalam penjagaan militan. Tidak jelas diketahui apakah Deif terbunuh. atau tidak.

“Kami masih memeriksa dan memverifikasi hasil serangan tersebut,”” kata pejabat militer tersebut.

Korban serangan Israel yang terluka dirawat di Rumah Sakit Nasser yang terletak tak jauh dari lokasi. Namun RS tersebut kewalahan menangani pasien yang membludak serta kekurangan pasokan medis.

Pada bulan Maret, Israel mengatakan pihaknya membunuh wakil Deif, Marwan Issa. Hamas sejak itu tidak membenarkan atau membantah kematiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *