Reaksi Biden Usai Trump Berlumuran Darah Kena Tembakan

Gibahin.id – Calon Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, ditembak saat kampanye di Pennsylvania. Presiden AS, Joe Biden, angkat bicara atas insiden penembakan terhadap kompetitornya di Pilpres AS 2024 tersebut.
Dilansir AFP, Minggu (14/7/2024), Trump berlumuran darah usai terkena tembakan. Dia langsung diberi tindakan medis tepat setelah mantan Presiden AS itu dievakuasi dari atas panggung. Tim kampanye Donald Trump memastikan Trump baik-baik saja.

Pihak Trump juga menyampaikan terima kasih atas respons cepat penegak hukum dan mengutuk tindakan keji tersebut.

“Presiden Trump berterima kasih kepada penegak hukum dan petugas pertolongan pertama atas tindakan cepat mereka selama tindakan keji ini,” kata juru bicara Steven Cheung dalam sebuah pernyataan.

“Dia baik-baik saja dan sedang diperiksa di fasilitas medis setempat. Rincian lebih lanjut akan menyusul,” sambungnya.

FBI mengidentifikasi pelaku penembakan upaya pembunuhan terhadap Donald Trump sebagai Thomas Matthew Crooks (20). Penembak Trump terdaftar sebagai anggota Partai Republik yang sebelumnya memberikan kontribusi kecil kepada kelompok yang berpihak pada Partai Demokrat.

Saat melakukan aksinya, pelaku tidak memiliki identifikasi apapun di tubuhnya. Jadi agen harus “Melakukan tes DNA dan mendapatkan konfirmasi biometrik,” kata Kevin Rojek, agen khusus yang bertanggung jawab di kantor lapangan FBI di Pittsburgh, pada konferensi pers Sabtu malam sebelum Crooks diidentifikasi.

Respons Joe Biden
Presiden AS Joe Biden angkat bicara mengenai insiden penembakan yang melukai kandidat presiden Partai Republik Donald Trump di Pennsylvania. Biden bersyukur kondisi Trump baik-baik saja.

“Saya bersyukur mendengar bahwa dia selamat dan baik-baik saja,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Biden mengutuk insiden penembakan yang terjadi. Ia menegaskan “tidak ada tempat untuk kekerasan semacam ini” setelah lawannya dari Partai Republik Donald Trump terluka akibat penembakan saat berkampanye di Pennsylvania.

“Tidak ada tempat bagi kekerasan semacam ini di Amerika. Kita harus bersatu sebagai satu bangsa untuk mengutuknya.”

Biden Telepon Trump
Dilansir CNN, Minggu (14/7), Gedung Putih mengatakan Biden menelepon Trump usai insiden penembakan di kampanyenya di Pennsylvania. Biden juga berbicara dengan Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro dan Walikota Butler Bob Dandoy usai insiden itu.
“Malam ini, Presiden akan kembali ke Washington DC. Besok pagi di Gedung Putih, dia akan menerima pengarahan terbaru dari pejabat keamanan dalam negeri dan penegak hukum,” kata seorang pejabat Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Walikota Butler Bob Dandoy mengatakan Biden menawarkan dukungan penuh kepada kota tersebut setelah terjadinya penembakan terhadap Trump.

Selama percakapan mereka, Dandoy mengatakan Biden menyampaikan belasungkawa kepada kota yang terletak di Pennsylvania barat itu.

“Dia menawarkan apa saja yang bisa mereka lakukan untuk kami, dan saya menawarkan hal yang sama,” kata Dandoy kepada CNN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *