Ancaman Megathrust, Pemprov DKI Jakarta Cek Gedung Pencakar Langit Rawan Terdampak Gempa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewanti-wanti potensi gempa bumi di pelbagai zona Megathrust Indonesia, salah satunya di Selat Sunda. Ancaman gempa bumi ini membayangi Jakarta yang berada tak jauh dari zona Megathrust Selat Sunda.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terus memetakan langkah mitigasi gempa tersebut. Sejauh ini, BPBD DKI Jakarta memiliki sejumlah program mitigasi bencana gempa bumi. Misalnya, BPBD DKI sampai saat ini terus melakukan inspeksi gedung dan non gedung.

“Untuk program mitigasi bencana gempa bumi yang ada di Jakarta pertama adalah mengenai dibentuknya satgas penilaian gedung dan non gedung untuk pengurangan risiko bencana gempa bumi di Provinsi DKI Jakarta,” kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang kepada Liputan6.com, dikutip Jumat (16/8).

Langkah Mitigasi

Menurut Michael, inspeksi gedung sudah berjalan sejak 2023 hingga sekarang. BPBD DKI Jakarta menilai ketahanan gedung menghadapi gempa bumi.

“Tahun lalu ini sudah berjalan di dua titik dan tahun ini sudah berjalan juga di 10 titik, di mana ini akan melihat seperti apa resiliensi gedung tersebut dalam menghadapi gempa yang kemudian bisa membantu untuk melakukan mitigasi lanjutan,” jelas Michael.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta intensif melaksanakan sosialisasi dan simulasi mengenai evakuasi masyarakat untuk menghadapi gempa bumi, baik di gedung, permukiman, sekolah, hingga rumah sakit.

“Jadi kami dengan tim BPBD itu selalu melaksanakan simulasi itu bagaimana teknik evakuasi gempa bumi kepada masyarakat untuk selalu bisa siap siaga menghadapi gempa bumi,” ujar Michael.

Sosialisasi

Tidak hanya sosialisasi, BPBD DKI Jakarta juga memiliki program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang menyasar seluruh sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA sederajat di wilayah DKI Jakarta. Program SPAB digelar rutin setiap tahunnya.

“Di dalamnya kami juga melakukan peningkatan kapasitas terhadap guru, murid dan juga warga sekolah yang ada di lokasi tersebut untuk bagaimana memitigasi, melaksanakan simulasi terhadap tanggap darurat gempa bumi,” kata Michael.

BPBD DKI Jakarta juga memiliki ruang literasi kebencanaan yang tercatat sebagai ruang literasi kebencanaan pertama di Indonesia dengan teknologi virtual reality (VR). Adapun ruang literasi berjalan sejak 2023 dan dibuka gratis bagi masyarakat di wilayah DKI Jakarta.

“Di mana di dalamnya, kami memberikan berbagai materi mengenai edukasi dan juga sosialisasi tentang penanggulangan bencana, termasuk salah satunya adalah gempa bumi,” ujar Michael.

Bentuk Modul

Selain itu, dalam waktu dekat BPBD DKI Jakarta juga akan me-launching modul buku panduan kesiapsiagaan gempa bumi. Modul ini nantinya diharapkan bisa menjadi acuan bagi masyarakat umum untuk menghadapi kondisi-kondisi gempa bumi yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Kami yakin kesiapsiagaan dari diri sendiri itu menjadi modal utama kita bisa mengurangi resiko dari pada gempa bumi,” pungkas Michael.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *