Prabowo Sebut Kekayaan RI 'Bocor' ke Luar Negeri!

Jakarta – Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyatakan Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Namun, menurutnya selama berpuluh-puluh tahun ada fenomena ‘kebocoran’ kekayaan Indonesia ke luar negeri.

Fenomena ini dipaparkan Prabowo saat memberikan sambutan dalam Penutupan Kongres PAN 2024. Fenomena ini menurutnya sudah dituliskan dalam salah satu bukunya sejak 16 tahun lalu. Dia menyebutkan fenomena itu disebut sebagai ‘net outflow of national wealth.’

“Saya tulis dalam buku saya, 16 tahun lalu buku itu ada dan masih ada, sudah ada terbit beberapa kali dan belum ada yang membantah, yang saya tulis di situ adalah fenomena negara yang kaya ini ternyata kekayaannya tidak tinggal di bumi Indonesia.

Saya sebut dengan ‘the net outflow of national wealth,’ mengalir keluarnya kekayaan bangsa Indonesia, tahun demi tahun, demi tahun, demi tahun,” beber Prabowo dalam pidato yang disiarkan langsung oleh PAN TV, dikutip Minggu (25/8/2024).

Padahal menurutnya para pendiri bangsa sudah menitipkan amanat agar negara bisa menjaga kekayaan alam Indonesia dalam Undang-undang Dasar. Namun nyatanya fenomena kekayaan Indonesia bocor ke luar negeri masih terjadi sampai saat ini.

“Bumi, air, dan kekayaan di dalamnya dikuasai negara. Itu maksud founding fathers kita untuk menjaga agar kekayaan kita tidak terus mengalir ke luar dari negara Indonesia,” kata Prabowo.

Meskipun kekayaan Indonesia diakui Prabowo bocor ke luar negeri, sampai saat ini pun Indonesia diyakini belum jatuh miskin. Prabowo meyakini Indonesia masih sangat kaya raya.

“Luar biasa kekayaan bangsa Indonesia, bahkan dengan masih kita akui banyak kebocoran, masih banyak kekayaan mengalir ke luar negeri, tapi kita masih sangat kaya saudara-saudara. Karunia maha kuasa luar biasa kepada kita,” tegas Prabowo.

Setelah resmi menjabat pada bulan Oktober 2024 nanti, Prabowo menekankan pemerintahannya akan menjaga kekayaan alam Indonesia sebaik-baiknya. Prabowo memastikan pihaknya akan mengupayakan agar kekayaan alam Indonesia bisa dirasakan oleh semua masyarakat.

“Kita sudah mulai hitung kekayaan Indonesia yang luar biasa, kami akan laporkan pada saatnya ke masyarakat dan rakyat. Tapi percayalah saudara-saudara yang masih muda. Masa depan kalian gemilang, masa depan Indonesia gemilang, tapi harus waspada, eling lan waspodo,” ucap Prabowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *