Jokowi Reshuffle Menteri ESDM Hari Ini, Bahlil Digeser

Jakarta – Reshuffle Kabinet Indonesia Maju bakal dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Posisi Menteri ESDM menjadi salah satu yang menjadi sasaran rotasi oleh Jokowi.
Posisi menteri yang awalnya diduduki Arifin Tasrif itu kabarnya akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Pelantikan Menteri ESDM yang baru dikonfirmasi langsung oleh Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana. Ari mengatakan pukul 09.30 WIB, pagi ini Jokowi memang diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri, dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara. Menteri ESDM salah satunya.

“Adapun Menteri dan Kepala Badan yang akan dilantik Presiden adalah sebagai berikut: Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi, tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan,” beber Ari kepada wartawan, Senin (19/8/2024).

Ari menyatakan pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif.

Namun, Ari enggan mengonfirmasi nama-nama pejabat yang akan dilantik. “Tunggu aja jam 9.30 WIB nanti ya,” sebutnya.

Kabar soal reshuffle Menteri ESDM sudah sejak awal Agustus ini berembus. Bahkan pihak istana sendiri sudah dua kali menepis kabar akan ada reshuffle.

Terakhir ditanya mengenai posisinya yang terancam di kabinet, Arifin enggan bicara banyak. Dia memberikan respons singkat sebatas meminta semua pihak menunggu apa yang akan terjadi ke depan.

“I mana tahu, tunggu aja lah,” katanya di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024) lalu.

Bahlil tak mau banyak bicara ketika ditanya hal yang sama. Menurutnya yang tahu soal reshuffle hanya Jokowi sendiri yang sebagai presiden memiliki hak prerogatif.

“Saya juga nggak tahu itu, hak prerogatif presiden,” kata dia di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, di hari yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *