Misteri Turis Jatuh dan Tertelan Sinkhole di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur – Pencarian seorang turis India yang tertelan sinkhole memasuki hari ketujuh pada hari Kamis kemarin. Operasi terhambat oleh arus bawah yang kuat dan kekhawatiran tentang ketidakstabilan tanah setelah sinkhole kedua muncul di dekatnya.

Dikutip gibahin.id dari Associated Press, Vijaya Lakshmi Gali asal India berusia 48 tahun, sedang berjalan di di daerah Dang Wangi di Kuala Lumpur tanggal 23 Agustus saat trotoar di bawahnya mendadak kolaps. Dia terjun ke sinkhole sedalam 8 meter dan menghilang.

Tim penyelamat belum menemukan jejak kecuali sandalnya. Operasi pencarian melibatkan anjing pelacak, teknologi kamera jarak jauh, dan radar penembus tanah. Tim pencari menyiram sebagian sistem drainase bawah tanah dengan jet air bertekanan tinggi serta ekskavator untuk membuang puing.

Nor Hisham Mohammad, wakil direktur Departemen Pemadam Kebakaran Malaysia, mengatakan pencarian akan terus berlanjut. Penyelam skuba mungkin dikirim ke terowongan pembuangan limbah untuk memeriksa rintangan di bawah. Dua penyelam sudah sempat masuk, tapi terlalu berbahaya dan ditarik keluar sebelum mencapai rintangan.

Pihak berwenang mengatakan longsor tanah sempat dilaporkan di lokasi yang sama tahun lalu. Sinkhole kedua juga muncul sekitar 50 meter dari tempat wanita itu menghilang, memicu kekhawatiran atas keselamatan publik. Beberapa jalan di daerah yang terdampak telah ditutup.

Polisi Malaysia yakin korban tersapu arus air bawah tanah. Datuk G Parameswaran, presiden Malaysian Water and Wastewater Quality Safety Association, menyebut air limbah sangat deras di bawah dan kecepatan aliran minimum semeter per detik. “Secara teori, dia bisa menempuh jarak hingga 86,4 km dalam waktu 24 jam,” cetusnya.

Video mengerikan menunjukkan momen korban berjalan di trotoar sebelum tiba-tiba menghilang tertelan lubang. Gali datang ke Malaysia bersama suami dan teman-temannya sekitar dua bulan lalu untuk liburan Kecelakaan itu terjadi sehari sebelum mereka dijadwalkan pulang.

Wali Kota Kuala Lumpur Maimunah Mohamad Sharif telah meyakinkan publik yang cemas bahwa Kuala Lumpur aman. Dia mengatakan satuan tugas telah dibentuk untuk memeriksa pipa pembuangan limbah dan menilai keamanan bangunan di daerah sekitarnya.

Sinkhole sendiri awalnya didefinisikan sebagai kejadian depresi atau turunnya permukaan tanah secara alami dan berbentuk bulatan pada daerah karst atau berkapur.

Dalam perkembangannya, definisi sinkhole kemudian menjadi lebih luas. Setiap kejadian runtuhnya permukaan tanah bukan hanya di daerah karst dan kejadian alami, tapi juga akibat ulah manusia dengan beragam bentuk, dipahami sebagai sinkhole.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *