Tingkat Kematian di Sebabkan Cuaca Panas di Thailand Naik 2 Kali Lipat

Gibahin.id – Thailand kembali melaporkan korban tewas akibat serangan panas atau heatstroke di Jumat (10/5/2024). Total 61 orang meninggal dunia menurut laporan Kementerian Kesehatan setempat, setelah berminggu-minggu cuaca terik nyaris tercatat di seluruh wilayah.
Gelombang panas yang melanda Thailand dalam beberapa minggu terakhir membuat pihak berwenang mengeluarkan peringatan cuaca panas setiap hari. Pasalnya, jumlah korban tewas tahun ini sudah melampaui total korban heatstroke tahun lalu, yakni 37 orang sepanjang 2023.

“Bagian timur laut Thailand, jantung pertanian mengalami jumlah kematian tertinggi,” kata kementerian tersebut, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (11/5/2024).

Biang kerok cuaca menjadi lebih panas dan lebih intens terjadi adalah perubahan iklim.

“Meskipun fenomena El Nino turut mendorong terjadinya cuaca yang sangat hangat tahun ini, Asia juga mengalami pemanasan lebih cepat dibandingkan rata-rata global,” menurut Organisasi Meteorologi Dunia PBB.

Apichart Vachiraphan, Wakil Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, memperingatkan orang-orang dengan kondisi medis atau memiliki penyakit penyerta lebih baik menunda aktivitas atau kegiatan di luar ruang.

Bukan hanya Thailand, Kerajaan Arab Saudi tahun ini juga mengalami penundaan musim hujan, dengan cuaca panas terik berlangsung lebih lama dari biasanya.

Badai telah melanda sebagian wilayah kerajaan pada minggu ini, menurunkan suhu tetapi menimbulkan peringatan dari pihak berwenang mengenai potensi banjir bandang.

Pada bulan April, kerajaan tersebut mencatat suhu 44,2 derajat Celcius di provinsi utara Lampang, hanya sedikit di bawah rekor nasional sepanjang masa sebesar 44,6 derajat Celcius pada tahun lalu.

Seberapa Panas di Thailand?

Rekor gelombang panas di Thailand mencapai lonjakan suhu di atas 52 derajat Celcius.
Gelombang panas selama beberapa pekan terakhir menyebabkan suhu di malam hari bahkan tetap berada di sekitar 30 derajat Celcius, pada Bangkok maupun banyak wilayah lain di negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *