Viral Pria Diduga ODGJ Serang Juru Parkir Pakai Parang

Gibahin.id – Pria yang diduga orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap gegara menyerang juru parkir (jukir) di tengah jalan raya. Beruntung insiden ini tidak menimbulkan korban luka.

Insiden terjadi di sekitar Pasal Senggol, Kecamatan Ujung, Kelurahan Ujung Sabbang pada Minggu (26/5). Peristiwa ini terekam kamera warga hingga viral di media sosial.

Dalam video beredar, pria diduga ODGJ itu mengenakan peci dan menyelempangkan sarung di badannya. Pelaku kemudian terlihat mengejar seorang pria bertopi yang merupakan jukir.

Jukir itu lalu mengangkat sebuah plang tanda parkir yang dijadikan tameng saat pria ODGJ menyerangnya menggunakan parang. Pelaku pun lalu mundur dan duduk dekat becak di pinggir jalan.

Tidak berselang lama, pria itu kembali mengejar ODGJ itu dan jukir kembali membela diri. Warga sekitar terdengar meneriaki pria tersebut agar menghentikan perbuatannya.

Lurah Ujung Sabbang Hasanuddin menjelaskan, awalnya pelaku mengayuh becak dari arah Sultan Pasar Senggol hendak menuju ke Jalan Andi Makkasau. Pelaku lalu memutar melalui patung Bau Massepe, Kelurahan Ujung Sabbang dan singgah di depan sebuah tokok.

“Dia memarkir becaknya dan mendekati beberapa masyarakat dengan maksud ingin meminta uang,” kata Hasanuddin kepada gibahin.id , Minggu (26/5/2024).

Hasanuddin melanjutkan, jukir bernama Rusli lantas menegur aktivitas pelaku. Teguran itu membuat pelaku marah dan mengeluarkan senjata tajam.

“Dia mengambil senjata tajam jenis parang yang tersimpan di bawah jok becaknya kemudian mengejar dan mengancam korban dengan menggunakan parang tersebut yang sudah dalam keadaan terhunus,” ujarnya.

Kepala Satpol PP Parepare Ulfa menambahkan, pelaku sudah diamankan setelah menerima informasi. Pelaku diamankan karena aktivitasnya meresahkan warga.

“Ada tukang becak ODGJ yang membahayakan karena mengancam dengan memakai senjata tajam yang kami amankan,” kata Ulfa yang dikonfirmasi terpisah.

Pihaknya belum mengetahui identitas ODGJ dan keluarganya. Namun pelaku sudah diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Parepare untuk pemeriksaan.

“Tadi pria ODGJ tersebut diamankan oleh Satpol PP bersama Dinsos. Kemudian kami serahkan ke Dinsos untuk penanganan lebih lanjut,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *