Haniyeh Tewas Bikin Hubungan Diplomatik Turki-Israel Tambah Panas

Jakarta – Pemimpin politik Hamas Palestina, Ismail Haniyeh, tewas dalam serangan yang diduga kuat didalangi Israel. Dunia yang tersentuh akan nasib Palestina turut berduka, termasuk negara Turki (Turkiye), negara berkultur corak Islami namun punya ikatan diplomatik dengan Israel. Gara-gara peristiwa syahidnya Haniyeh, hubungan Turki-Israel jadi ikut panas.
Jumat (2/8) waktu setempat menjadi hari berkabung nasional Turki untuk Ismail Haniyeh yang tewas dua hari sebelumnya di Tehran, Iran. Presiden Recep Tayyip Erdogan bersolidaritas dengan Palestina.

Hamas, organisasi tempat Haniyeh berjuang, dipandang oleh Amerika Serikat, Uni Eropa dan Israel sebagai organisasi teroris, tetapi Erdogan menyebutnya sebagai “gerakan pembebasan”. Meski demikian, posisi Turki memang tidak terlalu hitam-putih. Meski dekat dengan pihak anti-Israel, namun Turki sendiri punya hubungan diplomatik dengan Israel, berhubungan pula dengan AS, menjadi anggota NATO, dan masuk menjadi salah satu negara Eropa tentu saja, di posisi paling pojok timur di Selat Bosphorus.

Hubungan Turki dengan Israel sebenarnya sudah mulai panas sejak sehari sebelum tewasnya Haniye. Saat itu, Turki ingin mengintervensi bantuan ke Palestina lewat cara masuk ke Tel Aviv. Israel bereaksi dengan cara meminta NATO untuk mengeluarkan Turki dari keanggotaan. Menlu Israel bernama Israel Katz mengatakan hal semacam itu.

Katz dalam tanggapannya menyebut pernyataan Erdogan itu sebagai “ancaman untuk menginvasi Israel”. Dia bahkan menyamakan Erdogan dengan Saddam Hussein, pemimpin Irak yang berakhir digulingkan, diburu, mati di tiang gantungan. Israel menilai Saddam Hussein dahulu pernah mengancam akan menyerang Israel.

“Menyoroti ancaman Presiden Turki Erdogan untuk menginvasi Israel dan retorikanya yang berbahaya, Menteri Luar Negeri Israel Katz menginstruksikan para diplomat … untuk segera terlibat dengan semua negara NATO, menyerukan kecaman terhadap Turki dan menuntut pengusiran Turki dari aliansi regional tersebut,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Israel.

Ketegangan antara Israel dan Turki ini terjadi saat hubungan kedua negara, yang sebelumnya pernah menjadi sekutu ini, semakin memburuk selama lebih dari satu dekade terakhir.

Perdagangan bilateral kedua negara berhasil melewati banyak badai diplomatik, hingga mencapai miliaran dolar Amerika per tahun. Namun Turki pada bulan ini mengatakan mereka akan menghentikan semua perdagangan bilateral dengan Israel hingga perang berakhir dan bantuan mengalir tanpa hambatan ke Jalur Gaza.

Kondisi ini semakin memburuk setelah Ismail Haniyeh tewas pada 31 Juli 2024 lalu.

Hubungan tambah panas

Turki mengutuk pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh. Kementerian Luar Negeri Turki juga mengkritik keras Presiden Israel Benyamin Netanyahu sehubungan dengan situasi di Palestina yang masih buruk kena invasi Zionis.

“Sekali lagi pemerintahan (Benjamin) Netanyahu telah menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki niat untuk mencapai perdamaian,” cetus Kemlu Turki, dilansirAFP, Rabu (31/7).

“Jika masyarakat internasional tidak mengambil tindakan untuk menghentikan Israel, kawasan kita akan menghadapi konflik yang jauh lebih besar,” imbuh kementerian.

Kedutaan Besar Turki di Tel Aviv, Israel, mengibarkan bendera setengah tiang. Tentu saja ini problematik bagi Israel, negara yang disebut mendalangi pembunuhan Haniyeh meski sampai saat ini Israel tidak mengakui langsung.

Seperti dilansir The Times of Israel, Jumat (2/8/2024), bendera nasional Turki yang ada di kompleks kedutaan besar mereka di Tel Aviv dikibarkan setengah tiang pada Jumat (2/8) waktu setempat, menjelang pemakaman Haniyeh di Doha, Qatar.

Atas langkah Kedubes Turki mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk berkabung untuk Haniyeh, Menteri Luar Negeri (Menlu) Israel, Israel Katz, memanggil Wakil Dubes Turki untuk Israel guna menyampaikan teguran kepada Ankara.

“Israel tidak akan menerima ekspresi partisipasi dalam berkabung untuk seorang pembunuh seperti Ismail Haniyeh,” tegas Katz dalam pernyataannya.

“Jika perwakilan kedutaan ingin berkabung, biarkan mereka pergi ke Turki dan berkabung bersama dengan pemimpin mereka, Erdogan, yang merangkul organisasi teroris Hamas dan mendukung aksi pembunuhan mereka,” sebutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *