Kata Musuh Nomor 1 Kremlin, Serangan Ukraina di Kursk Memalukan bagi Putin

KYIV – Bill Browder, kritikus yang menggambarkan dirinya sebagai “musuh nomor 1 Kremlin”, mengatakan serangan mendadak Ukraina ke wilayah Kursk, Rusia, telah mempermalukan Presiden Vladimir Putin. Browder, seorang pemodal Inggris-Amerika, menyampaikan kritiknya dalam sebuah wawancara dengan Times Radio.

Dia berbicara pada hari ketiga serangan lapis baja Ukraina yang mengejutkan Rusia dan mengakibatkan pasukan Kyiv menguasai sedikitnya 166 mil persegi (430 kilometer persegi) wilayah Rusia.

Dalam waktu sekitar 24 jam, pasukan Ukraina berhasil menguasai dua garis pertahanan utama di wilayah Kursk yang memakan waktu lebih dari dua setengah tahun dan lebih dari USD170 juta untuk membangunnya, menurut situs investigasi Rusia; Agentstvo.

Rusia telah mengumumkan keadaan darurat federal di Kursk, dan kini tengah berupaya keras untuk mengerahkan sumber daya tambahan ke wilayah tersebut, mengalihkan sumber daya manusia dari perang yang dimulainya di Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Jumat menerbitkan video peralatan militer Rusia yang dipindahkan ke distrik Sudzhansky di Kursk, yang dilaporkan kini sebagian diduduki oleh Ukraina. “Saya pikir ini adalah perkembangan yang dramatis dan sesuatu yang secara simbolis dan militer benar-benar memiliki implikasi yang besar.

Secara simbolis, ini membuat Putin terlihat lemah,” kata Browder, CEO dan salah satu pendiri Hermitage Capital Management, penasihat investasi untuk Hermitage Fund, yang pernah menjadi investor portofolio asing terbesar di Rusia.

Browder mencatat bahwa Putin melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022, menggambarkannya sebagai “operasi militer khusus” dan mengadili orang-orang yang menyimpang dari narasi Kremlin tentang konflik tersebut.

“Tujuan menyebutnya seperti itu adalah untuk membuatnya tampak seperti sesuatu yang sangat jauh… tidak memengaruhi orang-orang Rusia,” katanya. “Dan tiba-tiba, sebagian Rusia telah dianeksasi oleh Ukraina—dan mungkin saya agak terburu-buru—tetapi simbolisme [kemajuan Ukraina di Kursk] sangat ekstrem. Karena bagaimana Putin menggambarkan hal ini?”

Pasukan Ukraina pada hari Kamis dilaporkan hampir menguasai penuh kota Sudzha, pusat transmisi gas yang memfasilitasi aliran gas Rusia ke Eropa.

Pejabat gubernur daerah Kursk Alexei Smirnov mengatakan bahwa “situasinya masih sulit.” “Ukraina adalah underdog total, tetapi mereka underdog yang sangat efektif,” kata Browder.

“Mereka telah menggunakan alat terbatas yang mereka miliki untuk keuntungan maksimal untuk menyakiti Rusia dan Putin. Semua orang mengira perang ini akan berakhir dalam tiga hari, dan sekarang sudah dua setengah tahun berlalu dan Rusia menderita,” imbuh dia.

Putin, pada hari Rabu, menyebut serangan kendaraan lapis baja lintas batas Ukraina sebagai “provokasi skala besar”, sementara Kementerian Pertahanan Rusia berusaha mengecilkan skala kemajuan Ukraina, dengan mendeklarasikan “kemenangan” di tengah serangan tersebut setidaknya enam kali, menurut Agentstvo.

Kementerian tersebut juga mengeklaim “penghancuran 945 personel militer Ukraina dan 102 kendaraan lapis baja” di Kursk sejak Selasa, yang memicu reaksi keras dari para pengamat perang.

“Sementara itu, [Kepala Angkatan Bersenjata Rusia Valery] Gerasimov menyatakan beberapa hari yang lalu bahwa kelompok Angkatan Bersenjata Ukraina yang melintasi perbatasan berjumlah kurang dari 1.000 orang.

Jadi, semua orang sudah terbunuh? Lalu siapa yang mengendalikan wilayah pendudukan di Kursk?” tanya pengguna X, Dmitri, dari War Translated, sebuah proyek independen yang menerjemahkan materi tentang perang.

Jenderal Rusia Apti Alaudinov, komandan unit pasukan khusus Akhmat yang bertempur di Rusia, keluar dari garis Kremlin pada hari Kamis ketika membahas serangan Ukraina ke Kursk.

“Pasukan Ukraina merebut permukiman Rusia di Kursk karena Moskow tidak memiliki kekuatan, sarana, atau sumber daya untuk menghentikan mereka,” kata Alaudinov, yang merupakan sekutu Putin. Dalam pengakuan yang jarang terjadi, Alaudinov juga mengonfirmasi kematian pasukan Rusia dalam serangan itu. Moskow jarang mengomentari korban perangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *