Siapa Teman yang Beri Tumpangan Kaesang Jet Pribadi karena Searah ke AS?

Jakarta – Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku hanya numpang jet pribadi temannya yang kebetulan searah dengan tujuan ke Amerika Serikat (AS). Siapa teman yang beri tumpangan ke Kaesang itu?
Kaesang tiba-tiba mendatangi Gedung Dewas KPK hari ini, Selasa (17/9/2024) ditemani jubirnya, Francine Widjojo dan juga Sekjen PSI Raja Juli Antoni. Kaesang yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam itu datang dengan senyum lebar.

Dalam keterangan pers tertulisnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku datang ke KPK atas inisiatif sendiri. Dia mengaku meminta arahan ke KPK perihal penggunaan fasilitas jet pribadi yang ramai disorot.

“Kedatangan saya hari ini ke KPK adalah karena inisiatif pribadi sebagai warga negara yang baik, bukan karena panggilan/undangan tertulis dari KPK walaupun saya bukan pejabat/penyelenggara negara,” katanya.

“Saya minta arahan dan nasihat dari KPK,” imbuhnya.

Kaesang mengakui naik jet pribadi ke AS bersama istrinya, Erina Gudono. Dia menyebut numpang jet pribadi temannya.

“Saya menyampaikan informasi mengenai perjalanan saya ke AS yang menumpang atau nebeng temen saya,” kata Kaesang.

Searah Jadi Nebeng ke AS

Juru Bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo, juga angkat bicara. Dia menyebut Kaesang mulanya berniat untuk menaiki pesawat komersil saat akan ke Amerika Serikat.

Kendati demikian, kata Francine, saat itu, teman Kaesang juga searah pergi ke Amerika. Akhirnya, katanya, Kaesang menumpang ikut bersama temannya menggunakan jet pribadi.

“Kalau terkait dengan kejadiannya, sebenarnya waktu itu Mas Kaesang itu sudah rencana berangkat ke Amerika di sekitar tanggal 20 Agustus, rencana pakai pesawat komersial, kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus makanya bareng lah nebeng,” kata Francine di Gedung Lama KPK, Jakarta Selatan.

Francine mengatakan jika jet pribadi teman Kaesang saat itu masih cukup untuk dinaiki oleh Kaesang dan istrinya, Erina Gudono. Menurutnya, situasi Kaesang yang ikut bersama temannya merupakan diskusi antar teman

“Pas masih muat. Kebetulan masih muat, makanya bisa bareng lah,” ujarnya.

Namun hingga kini masih belum diketahui siapa teman yang beri tumpangan jet pribadi ke Kaesang.

Kaesang Isi Form Gratifikasi

KPK membenarkan Kaesang menyambangi kantornya. KPK menyebut Kaesang mengunjungi kantor Dewas KPK itu untuk melapor terkait gratifikasi.

“Betul saudara K datang ke Gedung KPK, Jl. H.R. Rasuna Said Kav.C1, dalam rangka pelaporan gratifikasi,” kata Jubir KPK Tessa Mahardhika saat dihubungi.

Adapun Kaesang mendatangi gedung lama KPK di Jalan HR Rasuna Said, di mana gedung itu ditempati Dewas KPK serta Kedeputian Pencegahan. Tessa mengatakan bahwa direktorat gratifikasi memang berada di gedung lama KPK atau C1.

“Direktorat Gratifikasi ada di C1,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *