Anies Ajak ASN Tolak Perintah Atasan yang Minta Tak Netral di Pemilu

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengajak seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) menolak perintah atasan yang meminta tidak netral di Pemilu 2024. Anies mengatakan setiap ASN telah disumpah untuk netral dalam tiap kontestasi Pemilu.
“Tantangan yang kita hadapi tidak kecil, di luar sana, ada percakapan tentang netralitas, ada percakapan tentang tidak mendukung salah satu calon oleh aparat pemerintah,” ujar Anies dalam acara pertemuan terbatas dengan masyarakat Sumatera Utara di GOR Pancing, Sumatra Utara, Minggu (3/12/2023).

“Bila terima perintah untuk tidak netral, maka jawab, saya pernah disumpah, dan sumpah saya, mengatakan saya harus netral, katakan itu pada atasan, tunjukkan bahwa saya menjaga sumpah,” tambahnya.

Anies menilai perilaku jujur adalah bentuk bakti terhadap ibu yang telah melahirkan anaknya. Bagi dia, setiap Ibu menginginkan anaknya agar bisa berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik ke depannya.

“Mereka yang melahirkan anak-anak bangsa yang pejuang, pada aparat sipil negara, pada penegak hukum, pada KPU, pada Bawaslu, jangan pernah khianati ibu-ibu kita melahirkan anak-anak kita untuk Indonesia yang lebih baik,” sebutnya.

Anies mengatakan sikap tersebut adalah seperti pejuang. Dia berharap semua jajaran ASN melakukan hal tersebut.

“Ini adalah pejuang, dan kita berharap semua jajaran menunjukkan sikap itu, dengan cara seperti itu maka pemilu kita menjadi pemilu yang aman, damai, jujur,” sebutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *