Erdogan Berikan Kritik ke PBB: Tak Serukan Gencatan Senjata Segera di Gaza

Gibahin.id – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terkait serangan Israel di Gaza. Dia menyebut PBB dan negara Barat tidak menyerukan gencatan senjata di Gaza.
“Sedemikian rupa sehingga Dewan Keamanan PBB tidak dan tidak bisa menyerukan gencatan senjata segera,” kata Erdogan saat berbicara pada pertemuan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) di Provinsi Sakarya, barat laut Türkiye, dilansir Anadolu Agency, Minggu (25/2/2024).

Erdogan mengatakan negara Barat maupun Dewan Keamanan PBB tidak melakukan upaya yang berguna untuk mencegah kekerasan Israel di Gaza.

“Baik negara-negara Barat maupun Dewan Keamanan PBB tidak melakukan upaya yang berguna untuk mencegah kekerasan Israel,” katanya.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Hamas pada bulan Oktober 2023. Serangan Hamas menewaskan 1.200 warga di Israel.

Serangan gencar Israel telah menyebabkan 85% penduduk Gaza mengungsi dan kekurangan makanan, air bersih serta obat-obatan. Sementara sekitar 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang dalam keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk melakukan upaya mencegah genosida. Terbaru, Amerika Serikat yang merupakan sekutu Israel menolak resolusi gencatan senjata oleh Dewan Keamanan PBB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *